Pemetaan dan Perencanaan Peyusunan Skripsi Lima Tahunan Program Studi S-1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi

Skripsi merupakan satu matakuliah yang memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam memecahkan masalah secara sistematis meIalui kegiatanpenelitian. Kualitas skripsi mahasiswa merupakan salah satu ukuran kualitas lulusan dan kualitas pembelajaran. Kualitas skripsi mahasiswa dapat diukur diantaranya dari variasi dan kedalaman kajian yang dapat dilihat dari tema kajian, pendekatan penelitian, obyek penelitian, dan metode penelitiannya. Semakin variatif ke empat hal di atas menunjukkan semakin baiknya kreatifitas berfikir mahasiswa  dalam menemukan dan memecahkan masalah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peta skripsi mahasiswa tahun 2002 -2006 dan merancang tema skripsi lima tahun ke depan.
Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yaitu laporan skripsi mahasiswa tahun 2002 – 2006.Analisis dala yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif, yakni dengan menggambarkan peta skripsi selama lima tahun yang lalu yang dilihat dari sisi tema penelitian, obyek penelitian, pendekatan penelitian, dan metode penelitian.

Hasil penelitian atas 218 mahasiswa selama tahun 2002 – 2006 diketahui hal-hal berikut (1) dilihat dari tema skripsi yang banyak dikaji sebagian besar (58,2) adalah tema-tema bidang studi akuntansi dan keuangan, sedangkan bidang pendidikan danpengajarannya sebanyak 41,8%; (2) dilihatdaripendekatanyang digunakan sebagian besar (88%) skripsi menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan hanya 12% menggunakan pendekatan kualitatif; (3) dilihat dari obyek penelitiannya, sebanyak 39% meneliti permasalahan di sekolah dan sisanya (61 %) meneliti permasalahan di perusahaan publik/privat/lembaga pemerintah; (4)skripsi mahasiswa yang yang menggunakan pendekatan kualitatif hanya 12% dan sisanya menggunakan pendekatan kuantitatif. Skripsi mahasiswa yang menggunakan pendekatan kuantitatif sebagian besar (37%) menggunakan analisis regresi linier (sederhanya dan berganda), 32% menggunakan analisis deskriptif kuantitatif (analisis rasio, persetase, dan varian anggaran),16,32% menggunakan uji beda mean (t-test), 12,75% menggunakan analisis korelasi, dan hanya 3% yang menggunakan analisis faktor, serta 0,5% yang menggunakan analisis jalur.

Melihat hasil penelitian tersebut, maka pengembangan serta peningkatan kualitas skripsi di Prodi S1 Pendidikan Akuntansi dalam kurun waktu lima tahun ke depan perlu disusun suatu peta skripsi yang memuat tema-tema pokok dan sub tema di bidang pendidikan dan pengajaran serta di bidang akuntansi dan keuangan. Bidang-bidang yang dirancang pada tiap periode lima tahunan di dasarkan pada kemenarikan tema kajian, variasi kajian dan tingkat kesulitan penelitian yang disesuaikan dengan kemampuan mahasiswa.

* Ketua Peneliti, Laporan Penelitian Imbal Swadaya,Tahun 2007

Download fullteks disini.

You may also like...

Language >>