(0341) 571035 library@um.ac.id

Oleh: Endang Sri Andayani

ABSTRAK

Globalisasi di berbagai bidang serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih dan terjangkau harganya patut untuk dipertimbangkan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. Pembelajaran konvensional yang lebih menekankan pada pola pikir behavioristik-obyektif, dimana guru menjadi satu-satunya sumber belajar siswa menjadi kurang cocok untuk menghadapi dunia yang semakin dinamis. Pemanfaatan multi media dengan teknologi mutakhir menjadi salah satu alternative untuk meningkatkan pembelajaran. Misalnya, perkembangan teknologi internet memberikan peluang pembelajaran melalui e_Iearning, demikian juga perkembangan teknologi mobile, khususnya handphone, IPod, IPhone dengan jaringan yang mampu menjangkau sampai pelosok tanah air sangat memungkinkan untuk dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu dunia pendidikan kita harus sensitive terhadap perkembangan ICT dan oleh karenanya harus dilakukan upaya peningkatan technology literacy untuk fihak-fihak yang berkait dengan dunia pendidikan serta masyarakat pada umumnya.

Kata Kunci: pembelajaran konvensional, multimedia

Download fullteks disini.

* Penulis Utama, Disajikan pada Seminar Nasional Bidang Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pascasarjana STIE Indonesia Malang Tanggal: 14-15Nopember 2011

Translate ยป