(0341) 571035 library@um.ac.id

Mata tataran ini membahas perlunya perpustakaan sekolah dikelola dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen. Hal ini dimaksutkan untuk menghasilkan dan mempertahankan kualitas kikerja, kualitas produk, dan seluruh proses kegiatan perpustakaan sekolah agar sesuai dengan kebutuhan sekolah, kebutuhan guru, dan kebutuhan siswa. Pendekatan pengelolaan dengan manajemen modern, dan tentunya juga dengan memperhatikan pendekatan situasional sekolah dan situasi kebijakan makro arah kebijakan pendidikan di Indonesia perlu dilakukan, agar perpustakaan mampu menghasilkan nilai tambah (added value) bagi sekolah. Ituk itu keberadaan perpustakaan sekolah perlu memperoleh perhatian dari pihak manajemen sekolah. Untuk itu penguatan kelembagaan perpustakaan sekolah dalam struktur makro organisasi sekolah perlu mendapat perhatian. Selain itu keberadaan perpustakaan sekolah perlu ditunjang dengan aspek-aspek bersifat teknis yang sangat dibutuhkan oleh perpustakaan sekolah seperti tenaga, dana, serta sarana, prasarana dan teknologi, dan tidak kalah pentingnya dari semua itu adalah adanya manajemen perpustakaan sekolah yang diaplikasikan di lingkungan perpustakaan sekolah.

Makalah Disampaikan Pada Pelatihan Manajemen Perpustakaan Sekolah Tgl 22 sd. 24 April 2016 di Hotel Utami Sumekar Kabupaten Sumenep.

Download fullteks disini.

Translate ยป