Orientasi Ranah Tujuan Pendidikan Buku Ajar Matakuliah Pendidikan Agama Islam di Universitas Negeri Malang

Achmad Sultoni
Dosen Jurusan Sastra Arab
Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang
E-mail: ahmadsulthon24@yahoo.com

Abstrak: akhir-akhir ini muncul beragam persoalan moral dan karakter yang terjadi pada mahasiswa. Model pendidikan agama Islam di perguruan tinggi yang berorientasi pada pengembangan ranah kognitif disinyalir merupakan salah satu penyebab munculnya hal tersebut. Ironisnya, orientasi ranah tujuan pendidikan buku teks matakuliah PAI di UM, yakni buku “Aktualisasi Pendidikan Islam: Respons Terhadap Problematika Kontemporer” berdasarkan telaah awal justru menampakkan orientasi yang kuat pada pengembangan ranah kognitif. Oleh karena itu penting untuk menelaah orientasi secara keseluruhan buku tersebut. Melalui pendekatan kualitatif model studi pustaka (library research) dengan desain deskriptif diperoleh temuan sebagai berikut: pertama, indikator pencapaian kompetensi dasar (KD) dan isi buku ajar PAI tersebut sangat berorientasi pada pengembangan ranah kognitif, terutama isi buku; kedua, indikator KD dan isi buku yang bersifat kognitif mendominasi dan menyebar di seluruh bab, begitu juga indikator KD dan isi buku yang bersifat afektif meski jumlahnya tidak banyak namun selalu ada di setiap bab , dan tidak ditemukan bagian yang berorientasi pada ranah psikomotor.
Kata-kata kunci: orientasi ranah pendidikan, ranah afektif, ranah kognitif, ranah psikomotor, dan pendidikan karakter.

Abstract: Recently there are many kinds of moral and character problems related to students in Indonesia. The teaching of Islamic religious education in universities that focuses more to develop cognitive domain is considered as one of the cause. Ironically, orientation of educational objective of Islamic religious education textbook of UM “Aktualisasi Pendidikan Islam: Respons Terhadap Problematika Kontemporer” seems very cognitive. Therefore it is important to reveal what is the orientation of educational objective of the textbook (in the indicators of basic competencies and the content of the textbook). Through qualitative research method with descriptive design it is found that: the first, the
indicators of basic competencies and the content of the textbook are very cognitive, especially in the content, and the affective orientation is few; the second, the cognitive orientation of indicators of basic competencies and the content are located in all chapters of the textbook, and so does the affective orientation’s, whereas it is not found psychomotor orientation in the textbook.

Keywords: orientation of educational objective, affective domain, cognitive domain, psychomotor domain, character education

Download fullteks disini.

You may also like...

Language >>