Pengaruh Citra Merek terhadap Kepercayaan

Pengaruh Citra Merek terhadap Kepercayaan
Nadia Kususma Wardhana
I WayanJamanAdi
Putra Handri DianWahyudi
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang E-mail: enka_wardhana@yahoo.com .

Abstract: The objective ofthis study is to discover the condition ofbranding image (product attribute and branding personality), trust and knowing simultaneously and partially the influence ofthe branding image itselftowardcustomers’trustatPrimagamaCourse in Tulungagungbranchinterm ofbranding.Dataanalysis technique used in this study is multiple regressions to discover the influence of branding image toward customers’ trust. Hence, SPSS 17.0 is used as a helping instrument to process the data. The subjects ofthe study are the customers ofPrimagama Course in Tulungagung Branch who consist of108 respondents. The data collection is obtained through questionnaire. Furthermore, the sample of the study is taken through proporsionalstratified. The findings ofthis study are: 1) the branding image (X) has positive and significant influence toward customers’ trust (Y). Thus, the customers’ trust is affected by the image branding itself; 2) Partially, the product attributes (X1) does not positively and significantly affect the customers’ trust (Y). In this case, it can be said that the customers’ trust does not get affected by product attribute in form ofservices, warranty, and branding value. Meanwhile, branding personality (X2) has positive and significant influence toward customers’ trust (Y). The implication of this study is that the customers ofPrimagama Course in Tulungagung branch are lack ofproduct attribute. Thus, the customers’ service need to be increased and classrenovation isreallyneededdue tothecondition oftheclassroomappearancethatseemsto befaded.

Key Words: Branding Image, Product Attribute, Branding Personality, Trustworthiness

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan citra merek (yang terdiri dari atribut produk dan kepribadian merek) serta kepercayaan (trust) dan untuk mengetahui besarnya pengaruh citra merek (yang terdiri dari atribut produk dan kepribadian merek) terhadap kepercayaan merek secara simultan dan parsial pada konsumen lembaga bimbingan belajar Primagama Cabang Tulungagung.Teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah regresi berganda (multiple regression) dengan menggunakan program SPSS 17.0. Responden dari penelitian ini adalah konsumen lembaga bimbingan belajar Primagama Cabang Tulungagung yang berjumlah 108 responden, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sampel diambil menggunakan tehnik proporsional sampel random berstrata (proporsionalstratified random sampling). Temuan dari penelitian ini bahwasanya secara simultan citra merek (X) berpengaruh postif dan signifikan terhadap kepercayaan (Y) yang berarti bahwa kepercayaan konsumen Primagama di pengaruhi oleh citra merek Primagama itu sendiri. Secara parsial atribut produk (X1) terhadap kepercayaan (Y) tidak berpengaruh positif dan signifikan berarti kepercayaan konsumenPrimagamatidakdipengaruhiolehatributprodukPrimagama yangberupalayanan,jaminan dan nilai-nilai merek sedangkan kepribadian merek (X2) terhadap kepercayaan (Y) berpengaruh positif dan signifikan yang berarti kepercayaan konsunlen Primagama dipengaruhi oleh oleh kepribadian merek.lmplikasi dari penelitian ini diketahui pada lembaga bimbingan belajar Plimagama Cabang Tulungagung adanya kekurangan yang dirasakan oleh konsumen pada variabel atribut produk sehingga perlu meningkatkan pelayanan dengan renovasi kelas yang sudah mulai terlihat kusam dan dengan melengkapi sarana belajar lainnya.

Download fullteks disini.

You may also like...

Language >>