PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA

1

Kemajuan suatu bangsa dapat dicapai melalui proses pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan merupakan kunci pembangunan bangsa sepanjang masa. Keberadaan perpustakaan dalam suatu lembaga pendidikan merupakan salah satu sarana dan prasarana yang dapat menunjang peningkatanan kualitas pendidikan , karena perpustakaan merupakan bagian integral dari lembaga pendidikan itu sendiri. Secara konsepsional, perpustakaan mengemban visi pendidikan, yakni sebagai sumber belajar.

Melalui pendidikan manusia Indonesia diharapkan  menjadi individu yang mempunyai kemampuan dan keterampilan untuk secara mandiri bisa meningkatkan taraf hidupnya (Pannen dan Melati, 1997). Agar proses pendidikan berhasil dengan baik, maka diperlukan sarana dan prasarana pendidikan yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar sehingga tujuan belajar dapat tercapai.
Salah satu sarana pendidikan yang penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar adalah perpustakaan. Menurut Depdikbud (1983: 132), “usaha untuk mengembangkan kemampuan logika, estetika dan praktek harus ditunjang oleh tersedianya sarana pendidikan dan pengajaran yang berupa perpustakaan”. Perpustakaan merupakan bagian integral dari pendidikan dan mempunyai fungsi penting dalam sistem pendidikan.

Pengelolaan perpustakaan secara baik dan profesional diharapkan pemakai  akan merasa senang belajar di perpustakaan, sehingga dapat merasakan fungsi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, pusat informasi dan tempat rekreasi yang sehat dan mendidik. Agar perpustakaan berfungsi dengan baik, maka semua bahan pustaka yang dimiliki harus diolah dengan sistem tertentu, sehingga semua informasi yang ada di dalam bahan pustaka tersebut bisa ditemukan kembali dengan mudah dan cepat bila diperlukan. Dalam makalah ini penulis hanya akan membahas tentang bagaimana cara mengolah bahan pustaka sampai bahan pustaka tersebut siap disajikan kepada pemakai perpustakaan.

Artikel diatas ditulis oleh Ika Yuslina, Pustakawan Penyelia UPT Perpustakaan Pusat Universitas Negeri Malang.

Download fullteks artikel disini

You may also like...

Language >>