Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Di SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Ajaran 2012-2013)

45

Dr. H. Ludi Wishnu Wardana , M.M.
Email: ludiwishnu@gmail.com

Penelitian ini bertujuan menerapkan pembelajaran model inkuiri terbimbing, serta menguji pengaruhnya terhadap peningkatan motivasi siswa dan hasil belajar pada mata diklat menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungna hidup kelas X APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang dengan dua siklus sebanyak empat kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I jumlah siswa kelas X APK yang dinyatakan tuntas belajar sebesar 75% dan 25% dinyatakan belum tuntas belajar. Pada siklus II tingkat ketuntasan belajar siswa kelas X APK meningkat menjadi 92.5% dinyatakan tuntas belajar dan 7.5% dinyatakan belum tuntas belajar. Adapun hambatan yang dihadapi selama penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing adalah: 1) siswa mengalami kesulitasn untuk menemukan fakta nyata terkait dengan materi yang diajarkan; 2) pembelajaran model inkuiri terbimbing belum pernah diterapkan sebelumnya; 3) siswa kurang memahami pelaksanaan diskusi yang baik; 4) siswa kurang berani mengemukakan pendapat dalam diskusi; dan 5) siswa tidak mempunyai buku penunjang/modul K3LH

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Motivasi, Hasil Belajar

Artikel tersebut telah dipublikasikan dalam Jurnal Pendidikan Maja Vidya Vol.2 No.1 Juni 2013.

Download fullteks disini.

You may also like...

Language >>