F.A.Q

Frequently Asked Questions (FAQ)

 

Apakah akses fullteks karya ilmiah/karya tugas akhir dapat dilakukan secara online?
Mohon maaf kebijakan kami tidak mengizinkan akses fullteks secara online. Akses fullteks hanya bisa dilakukan di komputer layanan karya ilmiah Perpustakaan UM.

Apakah koleksi karya ilmiah Perpustakan UM diijinkan untuk difotocopy?
Karya ilmiah diijinkan difotokopi dengan ketentuan melapor ke petugas layanan karya ilmiah Perpustakaan UM, lalu fotokopi di layanan fotokopi lantai 1 Perpustakaan UM.

Apakah mahasiswa luar UM atau non-civitas academica UM diperbolehkan menggunakan dan mengakses fasilitas dan koleksi Perpustakaan UM?
Diperbolehkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jika dari mahasiswa perguruan tinggi negeri dipersilahkan membuat Kartu Sakti. Prosedur pembuatan dapat dilihat di laman Informasi Kartu Sakti.
  2. Jika dari mahasiswa non-perguruan tinggi negeri, pelajar atau masyarakat umum dipersilahkan membuat kartu khusus. Prosedur pembuatan dapat dilihat di laman Informasi Kartu Khusus.

Bagaimana cara mahasiswa luar UM atau non-civitas academica UM masuk ke Perpustakaan UM?
Setelah mempunyai kartu sakti atau kartu khusus maka pemustaka dipersilahkan masuk dengan cara :

  1. Melakukan presensi di sirkulasi lantai 1 Perpustakaan UM
  2. Menunjukan bukti kartu sakti atau kartu khusus kepada petugas di sirkulasi lantai 1 Perpustakaan UM
  3. Pemustaka dipersilahkan menggunakan dan mengakses fasilitas dan koleksi Perpustakaan UM

Apakah mahasiswa luar UM atau non-civitas academica UM dapat meminjam koleksi Perpustakaan UM?
Saat ini belum dimungkinkan untuk melakukan peminjaman. Mahasiswa luar UM atau non-civitas academica UM hanya dapat membaca di tempat dan memfotokopi bagian tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Bagaimana mengakses jurnal dan database online?
Akses jurnal dan database online dapat dilakukan melalui wifi atau hotspot UM, jaringan komputer UM dan fasilitas Akses e-jurnal. Akses melalui wifi/hotspot dan jaringan lokal komputer UM dapat dilakukan dengan mengakses alamat jurnal atau database online secara langsung atau melalui komputer di layanan koleksi serial dan majalah lantai 1.

Apakah kita bebas menggunakan Wifi atau Hotspot di Perpustakaan?
Dikarenakan akses ke Wifi harus menggunakan akun tunggal UM, maka fasilitas Wifi atau Hotspot Perpustakaan UM hanya bebas digunakan oleh mahasiswa UM dan civitas academica UM.

You may also like...